Tips Memilih Oli Sesuai Mobil Anda (2)

Tips Memilih Oli Sesuai Mobil Anda (2)



Artikel ini sisi 2 dari 2 dalam serial Panduan Otomotif

API SERVICE
Lain lagi dengan API SERVICE*** yang senantiasa dengan diawali huruf S serta C (S untuk oli mesin bensin serta C untuk oli mesin diesel). Klasifikasi SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SM dan sebagainya yaitu oli untuk mesin bensin serta abjad ke-2 sesudah huruf S tunjukkan kwalitas dan ketahanan oli itu. Semakin tinggi abjad di belakang huruf S jadi semakin tinggi juga kwalitas perlindungan yang didapatkan oleh oli itu. Juga demikian dengan oli mesin diesel yang dengan diawali huruf C yakni, CA, CB, CC, CD, CE, CF, CG, CH, CI, CJ dan sebagainya.

Juga sebagai misal, umpamanya dalam buku manual diterangkan bahwa mobil anda mesti memakai oli mesin dengan SAE 10W-40 serta minimum API SERVICE SJ, jadi anda tinggal mencari oli dengan spesifikasi yang sesuai sama (kuncinya yaitu cermati SAE nya serta API SERVICE nya). Bila di toko ada oli dengan SAE 10W-40 serta API SERVICE SM, ya! Oli ini dapat anda gunakan! Lho yang dibutuhkan kan cuma SJ lantas mengapa saya bisa gunakan SM? Di spesifikasi dijelaskan minimum SJ, itu berarti anda bisa menggunakan oli dengan API SERVICE SJ ke atas, yang utama janganlah dibawah minimum.

Di toko atau bengkel, sangat banyak merk oli sediakan spesifikasi yang sama, selebihnya pilihan ada di tangan anda, mau gunakan merk yang mana. Pertimbangannya mungkin saja dapat kembali pada harga per liter, anda fanatik dengan merk X atau oli merk X itu memanglah direferensikan untuk mobil anda.

Janganlah gampang untuk terperosok ke rayu bujuk penjual yang “memaksa” anda beli oli merk spesifik dengan harga yang sangatlah mahal serta menyampaikan oli itu bagus untuk mesin anda. Mungkin saja oli itu memanglah oli yang bagus serta harga nya memanglah mahal, namun apakah memanglah oli itu yang jadi keperluan mesin anda? Lantaran oli-oli mahal ini biasanya mempunyai tingkat kekentalan yang rendah (condong encer) serta berkwalitas tinggi namun cuma pas untuk mobil-mobil dengan tehnologi mesin yang maju atau mobil yang dioperasikan di lokasi dengan suhu hawa yang dingin serta alami musim salju. Kenapa sekian? Lantaran mesin-mesin mutakhir saat saat ini didesain dengan kerapatan pada komponen yang sangatlah presisi, hingga celah pada komponen juga sangatlah kecil, tersebut penyebab mesin type ini perlu oli yang lebih encer agar gampang untuk dipompakan serta dialirkan ke semua penjuru mesin. Tentu berlebihan bukanlah bila mobil anda masih tetap mengusung tehnologi lawas serta mesti memakai oli yang dapat disebutkan over spec serta mahal, terlebih kita hidup di negara dengan iklim tropis yang panas.


Oli Yang Over Spec

Lantas apa dampak oli yang over spec? Ambillah misal mobil diesel anda belum mengambil tehnologi common rail injection dengan kata lain masih tetap minum solar umum serta bukunya mewajibkan anda menggunakan oli mesin diesel SAE 15W-40 serta API SERVICE CH, lantas anda menggunakan oli mesin diesel dengan SAE 10W-40 serta API SERVICE CJ. Mungkin saja dampak perlindungan yang didapatkan cukup baik atau tambah baik lantaran API SERVICE nya lebih tinggi, namun lantaran olinya lebih encer jadi anda bakal alami penguapan oli yang besar juga. Tak efektif bukan? Mengingat oli mesin diesel berkategori CJ juga cuma pas untuk mesin diesel yang meminum solar dengan sulfur rendah, bila terus dipaksakan bisa-bisa anda mesti kerap ganti oli mesin.

Demikian sebaliknya bila anda telah memakai mobil dengan spesifikasi mesin yang masuk dalam kelompok modern, apabila anda memakai oli dibawah klasifikasi yang ditetapkan, pastinya mesin mutakhir anda bakal berusia pendek. Juga sebagai misal, bila spesifikasi mewajibkan mesin anda memakai oli dengan SAE 0W-30 serta API SERVICE SM, pastinya anda tak bisa memakai oli dengan SAE 10W-40 serta API SERVICE SG lantaran spesifikasi kekentalan oli ini tidak sama serta mutunya ada dibawah ketetapan yang diharuskan pabrikan mobil anda.

Jadi mahal atau murahnya oli bukanlah patokan, sebagai tips paling utama yaitu keperluan mesin mobil anda sendiri. Cocokkan dengan spesifikasi yang disuruh jadi mesin mobil anda bakal senantiasa senang dalam melayani semua keperluan anda dalam berkendara. Utama untuk diingat, sekarang ini sangat banyak beredar oli palsu di market, terlebih untuk oli yang penjualannya laku. Yakinkan anda beli oli ditempat yang terpercaya serta mempunyai reputasi dan nama baik di bisnis oli. Dampak dari pemakaian oli palsu yaitu fatal untuk mesin serta dapat bikin kantong anda menipis cuma dalam waktu relatif cepat. Pertanyaan setelah itu yang muncul dipikiran anda mungkin saja yaitu, beli oli apa ya? Sintetis atau Mineral? Tunggulah penjelasan selanjutnya perihal oli, namun hingga step ini anda pasti telah memahami mesti beli oli dengan spesifikasi apa.

Selamat pilih oli! Janganlah lupa senantiasa teratur lakukan pergantian oli untuk keawetan mesin anda.

Info :

*SAE : Society of Automotive Engineers, yakni salah satu tubuh yang berwenang untuk memastikan manfaat serta tingkat kekentalan oli.

**Oli dengan tingkat kekentalan ini biasanya dipakai juga sebagai pelumas penerus daya mesin seperti transmisi serta gardan.

***API SERVICE : American Petroleum Institute, yakni salah satu tubuh yang berwenang untuk lakukan eksperimen pada oli serta memastikan tingkat kwalitas oli.

0 Response to "Tips Memilih Oli Sesuai Mobil Anda (2)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef